copy paste, kopas, njiplak, plagiat, apalah…

lagi jalan2 keliling ranah maya wordpress.com trus baca postingan salah satu seleb blog (seleb yah neng :P) mbak (eh mbak) cK eh ladalah ada kejadian lagi masalah kopi mengkopi asal tubruk ini…

seperti sudah ditulis oleh si mbak cK di postingannya kalo ada orang yang secara kehausan sampai ngupi 5 porsi dari postingannya… wew…..

sudah semakin kurang ide kah manusia2 Indonesia saat ini? (seperti saya yang kl ga jalan2 dulu ga bisa nulis) atau karena sudah kebiasaan dari kecil dengan jiplak menjiplak?
gw jadi inget jaman sekolah dulu, dateng pagi2 buat nungguin temen yang udah ngerjain pr buat disalin… malah kadang2 bisa tuker2an pr pula… hahahahaha…..
karena itukah jadi kebiasaan? tapi njiplak waktu itu kan sudah dengan seijin yang punya, kl ga mana kite tau die udah ngerjain tugas apa belon, yang ada sama2 dtg pagi buat nunggu tmn buat bikin pr…

atau sewaktu kuliah? dimana pada saat skripsi orang berlomba2 mencari skripsi jadul buat dijiplak, atau bayar orang buat ngebikin skripsi?
*fyi.. gw bikin sendiri, walopun akhirnya gw meninggalkan kampus tanpa gelar sarjana karena selama 4 tahun ga bisa dapet tanggal sidang, masalah kurikulum baru lah, duit bayaran kuranglah, pemutihanlah, sks kuranglah. bangsat emang tu kampus… duit aja yang dipikirin skripsi udah kelar, kl sks/bayaran kurang knp gw bisa skripsi.. monyet…..

kl dipikir2 masih banyak jiwa manusia Indonesia yang seperti ini, wajar kalo bangsa ini ga maju2. kurang dihargai.
dan buat yang memang aslinya pinter2 lebih baik menapakkan kakinya diluar karena mereka lbh merasa dihargai disana. (dah terlalu banyak tmn yg bekerja diluar dan sampe pindah warga negara segala)
tau gini dulu gw kul diluar dah, drpd disumpelin IAD, IBD, kewiraan, P4, Pancasila, bahasa, agama, dll sampe 2 tahun pertama yang ga ada nyambung2nya sama jurusan yg gw ambil… HUH….

cukup curhatnya, kembali ke kopas
seperti kejadian yang menimpa Mas Iman brotoseno dimana salah satu postingannya di plagiat abis dan dijadikan salah satu bagian dari buku seorang Doktor. WOW.. jangan2 dulu bikin thesisnya gmn yah tuh orang? ga malu apa titel tinggi begono masih njiplak aja..
sebenarnya masih banyak lagi kejadian2 penjiplakan mutakhir macam ini yg dipikirnya blog itu adalah sumber GRATIS tanpa dasar hukum apapun.
mungkin sudah saatnya diadakan penggalakkan mengenai hak cipta untuk sumber intelektual yang berasal dari internet.

Ah…. tapi susah…
lha wong kalo saya ke gramedia aja sering nemu buku yang isinya jelas2 hanya penjiplakan secara halus kok, terutama yang berbau2 komputer. ngebahas program yang jelas2 isinya sama aja dengan apa isi yang ada di “help” program tersebut, cuma saja di alih bahasakan menjadi bahasa Indonesia dengan dibumbui sedikit2.
atau contoh lain
temen gw pernah komplen sambil ketawa2 miris ngeliat ada perusahaan arsitektur naro poto di internet kl rmh tmn gw itu hasil designnya dan sedang dalam tahap pengerjaan (pake poto bertahap lagi, rajin bgt itu motonya perseminggu sekali). gemana ga gondok, padahal itu rumah tmn gw sendiri yang ngedesign (istrinya arsitek, temen gw teknik sipil)…

Jadi menurut saya….
selama mental Indo masih seperti sekarang yah susah utk menghilangkan sifat jelek macam gini….
mo dipermalukan didepan umum kek tetep aja…

Jangan Asal Copy Paste
tapi… copy… paste di notepad, edit, hack, poles sana sini, suntik dikit, tambahin garem, icip dikit, kurang? coba digoel dikit, kucek kucek, pas? copy dari notepad…. paste ke blog atau media lainnya..
eh sama aja yah?????
😛

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

